-->

MANFAAT SUSU SARI KEDELAI UNTUK KESEHATAN

manfaat-susu-sari-kedelai-untuk-kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Susu Sari Kedelai Untuk Kesehatan - Kedelai, adalah salah satu jenis tanaman yang masuk kedalam salah satu jenis tanaman polong-polongan. Kedelai tentu sangat familiar bagi masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat Asia Timur pada umumnya. Ya, kedelai adalah komoditi utama yang bisa diolah dan dijadikan pembuatan berbagai macam makanan, contoh makanan yang terbuat dari bahan dasar utama kedelai adalah kecap, tempe dan tahu. Tetapi dari semuanya itu tahukah kita, bahwa kedelai mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita...?

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Kedelai memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia jika memang dikonsumsi secara baik dan benar tentunya. Kedelai bukan saja dibuat menjadi olahan tempe, kecap dan tahu saja, tetapi kini kedelai juga bisa dibuat susu sari kedelai. Susu sari kedelai ini ternyata menjadi minuman kesehatan alami yang pada akhir-akhir ini sangat digemari oleh masyarakat karena terbukti membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh mereka, antara lain kedelai memberikan manfaat untuk kesehatan kulit, asupan makanan yang memuat gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk ibu menyusui, bahkan kedelai menjadi sumber alternatif pendukung asupan makanan untuk para wanita yang melakukan diet agar tubuhnya kelihatan langsing, bugar dan sehat.

Kedelai yang dalam bahasa latin dikenal dengan Glycine Max ini, mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang sangat tinggi kadar protein dan sumber makanan yang mengandung banyak asam amino yang tentu saja sangat penting dan diperlukan bagi kesehatan dan perkembangan tubuh manusia.

Tidak Seperti susu sapi, susu sari kedelai tentu saja sangat rendah kolestrol, bahkan dalam beberapa penelitian mengenai kandungan gizi dan nutrisi susu sari kedelai, jika mengkonsumsi susu kedelai setiap harinya, tubuh kita tidak akan menjadi gemuk. Tentu saja mengkonsumsi susu sari kedelai sangat aman jika dikonsumsi oleh orang-orang yang mempunyai masalah obesitas pada tubuhnya. 

Kandungan gizi dan nutrisi yang paling tinggi yang terdapat pada susu sari kedelai susu sari kedelai adalah kandungan protein nabatinya, sementara kandungan gizi yang terdapat pada susu sari kedelai yang lainnya adalah Lemak, Karbohidrat, Kalsium Fosfor, Zat Besi, Provitamin A, Vitamin B Kompleks terkecuali B12 dan Air.    


manfaat-susu-kedelai-untuk-tubuh

Khasiat Dan Kandungan Gizi Susu Sari Kedelai

Susu sari kedelai adalah sumber alternatif untuk para penggemar yang suka mengkonsumsi susu tetapi mempunyai masalah terhadap alergi protein hewani. Lihatlah hasil dari penelitian ilmiah akan kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada 100 gram susu kedelai maka kita akan bisa melihat kandungan-kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam susu sari kedelai, kandungannya adalah:
  • Kalori (Kal) 268
  • Protein 30,90
  • Lemak 15,10
  • Karbohidrat 30,10
  • Kalsium 196,00
  • Fosfor 506,00
  • Zat Besi 6,90
  • Vitamin A (SI) 95,00
  • Vitamin B1 0,93
  • Vitamin C 0,00
  • Air 20,00
  • Bagian yang dapat digunakan (100%) 100,00
Susu sari kedelai yang dibuat dan dihasilkan dari hasil dari pengolahan ekstraksi kacang kedelai ini sangat baik dikonsumsi oleh tubuh kita.       

Orang yang rajin mengkonsumsi susu sari kedelai ini setiap harinya tentu akan merasakan manfaatnya secara langsung yang diserap oleh tubuhnya sendiri, akan menjadi berbeda secara teori jika kita hanya mengkonsumsi susu sari kedelai sesekali saja.

Manfaat mengkonsumsi susu sari kedelai untuk kesehatan tubuh kita antara lain adalah:
- Mencegah Terjadinya Kerusakan Sel Pada Tubuh
Pada susu sari kacang kedelai tersimpan senyawa antioksidan yang bernama isoflavon, yang mana antioksidan ini jika dikonsumsi secara rutin tiap hari sangat baik untuk menyokong kesehatan sel tubuh kita sendiri. Senyawa isoflavon ini memiliki andil dalam membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh dan memperbaiki sel yang mengalami kerusakan akibat polusi udara, cahaya matahari dan memperbaiki proses tubuh yang tidak normal terutama pada proses pencernaan tubuh kita. 

- Mencegah Terjadinya Serangan Jantung
Kombinasi yang dihasilkan antara antioksidan isoflavon dan protein dalam kedelai akan sangat membantu jantung terhindar dari masalah yang sangat serius, karena kedua  nutrisi tersebut saling membantu dalam meminimalisir kadar kolesterol jahat (LDL) yang terdapat pada tubuh serta menurunkan kemungkinan terjadinya pembekuan darah dalam tubuh. Maka jika kita rajin mengkonsumsi susu sari kedelai ini masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh pembekuan darah, komplikasi kesehatan jantung dan stroke akan bisa dicegah.

- Sebagai pencegah anti-kanker
Senyawa isoflavon memang multifungsi, selain mencegah sakit jantung dan mencegah kerusakan sel, peranan lain dari antioksidan ini adalah sebagai antikanker yang bertanggung jawab dalam hal memerangi sel-sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa ditanggulangi oleh isoflavon adalah kanker rahim, payudara dan prostat. Makanya susu sari kedelai sangat baik dan berguna untuk dikonsumsi oleh para wanita.

- Mencegah Terjadi Osteoporosis Dini Pada Tulang
Seperti yang diketahui bahwa protein akan memastikan terserapnya nutrisi berupa kalsium pada tulang. Disini peranan protein tidak lepas dari isoflavon yang juga membantu mencegah sekaligus menghambat terjadinya kehilangan struktur tulang dan kerusakan tulang yang pada akhirnya juga membantu menangkal osteoporosis.

- Membantu Mengontrol Berat Badan
Manfaat susu kedelai terakhir yang bisa saya ulas disini adalah menjaga dan mengontrol berat badan karena terdapat serat tinggi pada kedelai. Serat ini akan membantu Anda mengontrol nafsu dan rasa lapar dalam waktu yang cukup panjang.

Susu sari kedelai ini bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin mapun dalam keadaan hangat tergantung dengan kesukaan dan kebutuhan kita. Mengkonsumsi dengan cara-cara itu tentu saja tidak mengurangi kadar manfaat dan khasiat nutrisi dan gizi yang terkandung didalamnya. Susu sari kedelai ini terbukti bisa mencegah terjadinya berbagai macam-macam penyakit yang bisa saja sewaktu datang terhadap tubuh kita. Penyakit yang bisa dicegah itu antara lain adalah, sakit stroke, kerusakan sel-sel tubuh akibat polusi udara, pancaran radiasi akibat sinar matahari langsung, pencegah anti-kanker, osteoprosis dini pada tulang, serta mampu mengontrol berat badan bagi yang mempunyai program diet. Maka, mulai sekarang janganlah ragu dan khawatir ketika kita mengkonsumsi susu sari kedelai setiap harinya.

No comments