-->

GUNAKAN KENCUR DAN JAHE SEBAGAI OBAT BATUK ALAMI

Manfaat Kencur Dan Jahe Sebagai Obat Batuk Alami - Siapa yang suka dengan penyakit batuk...? Pasti sudah barang tentu jawabannya adalah akan banyak yang tidak suka ketika sakit batuk, apalagi ketika ditambah dengan demam disertai flu. Bisakah batuk ringan disembuhkan dengan obat batuk alami yang diracik dan dibuat dari kencur dan jahe...? hehehehe... sabar dan baca uluasannya ya...!! Mungkin tidak akan ada satu orang pun yang suka ketika dirinya, kesehatannya terserang sakit batuk. Batuk adalah sakit hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya, mungkin hampir dipastikan tidak ada satu orang pun yang sama sekali tidak pernah batuk, jangankan orang dewasa sekalipun bayi pasti pernah mengalamai batuk. Batuk biasanya datang secara bersamaan dengan flu dan menyerang badan manusia ketika kondisi stamina fisik badan kita tidak sedang dalam kondisi fit atau imun yang ada dalam tubuh manusia sedang dalam kondisi yang tidak sehat.

Tubuh manusia secara alamiah memang memiliki imun sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan gangguan dari luar tubuhnya, ini secara otomatis diberikan oleh Sang Pencipta dengan lengkap kepada kita. hehehehe.... Secara umum batuk ringan akan sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu tiga minggu, secara umum batuk ringan sepertinya tidak membutuhkan pengobatan yang ekstra, artinya sakit batuk ringan ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa kita perlu meminum obat batuk yang terbuat dari bahan-bahan kimia.

menggunakan kencur dan jahe sebagai obat batuk alami

Faktanya adalah obat batuk yang ada belum secara efektif dan terbukti sepenuhnya. Untuk itulah kita perlu alternatif pengobatan alami yang tentu saja bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi sakit batuk ringan yang dialami oleh kita. Bukan apa-apa batuk ringan ketika tidak kita perhatikan mungkin akan berbahaya bagi kesehatan jangka panjangn kita. Maksudnya disini adalah batuk bukan berarti akan hilang sama sekali dan tidak akan mungkin datang lagi menghampiri kita. Batuk jelas sangat mengganggu semua kegiatan aktifitas sehari-hari, baik itu ketika kita mempunyai aktifitas didalam ruangan maupun aktifitas kegiatan kita didalam ruanngan. Ketika kita bekerja tentu akan sangat mengganggu konsentrasi kita sendiri maupun konsentrasi orang lain. Batuk selalu mengeluarkan suara akibat dari gangguan tenggorokan kita yang sangat gatal, seolah-olah suara yang kita keluarkan menginginkan semua bakteri atau virus yang ada dalam tenggorokan ingin cepat keluar.

Jenis batuk disini kita bagi menjadi dua bagian saja, bukan apa-apa, mungkin jenis batuk yang ada menjadi sangat kompleks dan tentu saja membutuhkan penjelasan yang lebih mendalam terkait dengan mengenali jenis batuk. Jenis batuk ringan ini dibagi dalam dua kategori yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering biasa terjadi ketika tenggorokan sedang mengalami peradangan akut dan bisa juga gangguan sistem pernafasan bagian atas sedang terganggu. Dari gangguan peradangan tenggorokan ini biasa menimbulkan rasa gatel didalam saluran tenggorokan kita. Karena itu flu dan pilek bisa memicu kita mengalami sakit batuk. kayaknya tiga jenis penyakit ini tidak bisa dipisahkan, flu, pilek dan batuk seperti sekelompok sahabat yang tidak bisa dipisahkan ya...!! hehehehe.... 

khasiat kencur sebagai obat batuk alami

Batuk berdahak justru akan sangat membantu kita agar rasa gatel semakin berkurang, ini adalah cara kerja alamiah tubuh untuk bisa membuang bakteri keluar dari dalam tubuh kita. Tetapi jika batuk yang anda alami itu terjadi kelebih dari tiga minggu lebih sangat disarankan untuk anda segera pergi dan periksakan ke dokter. Batuk yang disebabkan oleh virus mungkin akan mengalami tanda-tanda yang berbeda, bisa saja batuk yang terjadi pada anda mengeluarkan darah, sakit dada, sangat susanh dan kesulitan bernafas, jangan tunda diri anda untuk segera pergi berkonsultasi kedokter, mungkin batuk yang anda alami membutuhkan penanganan intensif dari dokter. 

Mengobati Batuk Dengan Kencur Dan Jahe Bisakah batuk kering dan batuk berdahak ini diobati dengan obat herbal yang terbuat dari kencur...? Kencur dan jahe yang biasanya ada didalam satu kemasan bumbu dapur ini, ternyata bisa dijadikan obat batuk tradisional herbal untuk pertolongan pertama ketika anda batuk. Tentu saja obat batuk herbal dan tradisional ini bisa digunakan dan dikonsumsi untuk kalangan anak-anak dan orang dewasa. Kita tahu bahwa obat herbal tradisional ini tidak mempunyai efek samping sama sekali, sekalipun ramuan tradisonal ini diberikan untuk anak-anak, anak-anak pun tidak mempunyai efek samping apalagi dikonsumsi oleh orang dewasa.

Cara Membuat Obat Batuk Alami Yang Terbuat Dari Kencur Dan Jahe

Lantas bagaimana cara mengolah keduanya (kecur dan jahe) agar bisa dijadikan obat batuk herbal tradisional...? Kencur sangat ampuh mengobati batuk apabila kita padukan keduanya untuk kita ramu menjadi obat batuk. Kita tidak perlu ribet mencari kedua bahan tersebut karena memang biasanya kedua bahan tersebut sudah ada didalam kemasan bumbu dapur kita.

khasiat jahe sebagai obat batuk alami

Dalam mengkombinasikan keduanya kita bisa memilih cara untuk meraciknya menjadi obat, antara lain yaitu dengan memarut kedua bahan tersebut (jahe dan kencur) hingga dicampur menjadi satu, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Ambil kencur dan jahe, masing-masing sebesar ruas ibu jari lalu cuci bersih
  • Lalu kupas keduanya hingga bersih
  • Parut kedua hingga halus dan campur kedua bahan tersebut hingga merata 
  • Sediakan panci kecil lalu isi dengan segelas air
  • Masukkan kedua bahan tersebut dan tunggu hingga matang mendidih
  • Setelah selesai, saring kedua bahan tersebut hingga tersisa sari patinya saja
  • Lalu minumlah kedua campuran tadi selagi air rebusan kencur dan jahe masih hangat
  • Minumlah rebusan ramuan kencur dan jahe tersebut setidaknya dua kali sehari
Jika memang anda tidak suka dengan campuran dari kedua bahan tersebut, tetapi anda lebih suka memilih menggunakan jahe saja untuk obat batuk herbal, maka anda bisa menggunakan jahe untuk dijadikan Teh Jahe. Disini kita akan membuat teh jahe maksudnya adalah menyeduh teh hangat dengan dicampurkan beberapa irisan jahe untuk dicampurkan dengan teh hangat tadi. Cara adalah siapkan 5 sampe 6 iris jahe yang sudah dibersihkan dari kulitnya kemudian kita campurkan irisan jahe tado dengan segelas teh yang sudah kita buat sebelumnya. Minum sebanyak 2/3 kali sehari sampai batuk anda reda.

Nah dari penjelasan diatas tadi kita tentu saja bisa mengobati batuk dengan cara mengobati batuk dengan obat herbar yang bisa kita ramu sendiri dirumah, tentu saja bahan baku ramuan yang sudah diulas tadi sangat mudah kita dapatkan. Ternyata sangat mudah membuat obat batuk  alami dari kencur dan jahe ini ya. ramuan herbal tradisional tersebut bisa dijadikan sebagai rujukan untuk pertolongan pengobatan pertama ketika anda mengalami sakit batuk, tentu saja anda harus cermat ketika memang batuk itu lebih dari tiga minggu maka anda wajib memeriksakan diri anda ke dokter, jangan biarkan batuk yang lebih dari tiga minggu tadi bisa saja batuk itu adalah tanda-tanda sakit yang mungkin butuh penanganan yang serius dari dokter.

5 comments

bagus informasinya mudah dimengerti..
tq min

Untuk anak anak usia 5 tahun bisa enggak kalau bisa berapa kali sehari diminumnya ??

terimalasih kak informasinya sangat membantu, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2Cyl3pR