-->

INILAH MANFAAT TAMAN OBAT KELUARGA

Tips Dan Cara Membuat Taman Obat Keluarga Dirumah - Adakah yang tahu apa itu Toga...? ini tentu bukan memberikan pertanyaan dengan jawaban bahwa toga itu adalah pakaian untuk acara pengesahan mahasiswa menjadi sarjana ya...!! hahahaha... Toga disini adalah kepanjangan dari Taman Obat Keluarga. Adakah yang tahu kenapa toga sekarang banyak dibuat oleh para ibu rumah tangga..? baik secara personal maupun kelompok...? Lantas apa manfaat yang ada ketika kita membuat toga (taman obat keluarga)...? Lantas tanaman herbal apa saja yang bisa ditanaman ditaman obat keluarga tersebut...?

macam-macam-tanaman-obat-keluarga

Toga atau taman obat keluarga akhir-akhir ini menjadi trend baru dikalangan para ibu rumah tangga baik itu taman obat keluarga yang dibuat secara personal maupun taman yang dibuat secara kelompok ini, trend pembuatan taman obat keluarga ini didasari atas meningkatnya penggunaan obat herbal dikalangan masyarakat, mengingat semakin mahalnya harga obat-obatan farmasi modern yang semakin tidak terjangkau harganya. Dari alasan itulah maka masyarakat mencari cara agar tetap sehat tanpa mengkonsumsi obat-obatan farmasi buatan pabrik. Solusinya adalah dengan cara mengkonsumsi obat-obatan herbal atau obat-obatan tradisional. Agar bisa tetap mengkonsumsi obat-obatan herbal tradisional masyarakat kemudian membuat taman obat keluarga. Ya, taman obat yang berisikan dengan berbagai macam tanaman obat-obatan yang bisa dijadikan obat untuk penyembuhan dan sebagai penunjang untuk menjaga kesehatan keluarga maupun masyarakat.

Setelah ibu-ibu tersebut mengetahui banyak sekali manfaat membuat taman obat keluarga. Ya, taman obat keluarga atau bisa juga disebut dengan istilah "apotik hidup' ini ternyata berisi tanaman-tanaman yang berkhasiat sebagai obat yang bisa digunakan untuk penyembuhan berbagai penyakit, penyakit yang sewaktu-waktu bisa menyerang keluarga mereka.

Dari namanya saja taman obat keluarga, kita pasti sudah bisa membayangkan bahwa taman ini jelas berisikan tentang tanaman-tanam yang mengandung dan berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga ini pun berisi tentang berbagai macam tamanan obat yang berkhasiat menyembuhkan penyakit yang menyerang keluarga anda. Taman obat keluarga atau toga adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang memeliki khasiat tersendiri sebagai obat-obatan.

Cara Membuat Taman Obat Keluarga Sendiri

Pada prinsipnya cara membuat dan cara menanam taman obat keluarga cara menanam taman obat keluarga adalah dimana kita menyediakan lahan yang ada dipekarangan rumah kita untuk dijadikan kebun mini yang berisikan tanaman-tanaman obat herbal keluarga. Tentu saja tanaman-tanaman obat herbak ini adalah tanaman-tanaman obat yang bisa dibudiayakan oleh kita secara langsung. Budidaya tanaman obat ini tidak ribet kok, tidak seribet ketika kita menghadapi ibu-ibu yang sedang marah karena kekurangan uang belanjanya ... hahahaha... kita hanya butuh sedikit kreatifitas untuk bisa mewujudkannya, mencari informasi tentang cara mempersiapkan media tanah yang baik sebagai tempat media tanaman, atau jikalau tidak punya lahan, pekarangan dan halaman rumah maka kita bisa menggantinya dengan pot atau polybag sebagai pengganti lahan, dan untuk penempatannya kita juga bisa membikin rak bersusun untuk tempat menyimpan pot atau polybag yang berisi tanaman obat herbal tradisional.

manfaat-taman-obat-keluarga

Fungsi Dari Taman Obat Keluarga

Dari namanya, kita pun bisa mengenali apa fungsi sebenarnya dari taman obat keluarga tersebut, inilah beberapa fungsi yang ada dari taman obat keluarga:
  • Sarana untuk mendekatkan tanaman obat dalam rangka upaya untuk mendekatkan kesehatan keluarga akan kebutuhan obat keluarga dengan obat herbal.   
  • Sebagai sarana upaya preventif atau pencegahan terhadap keluarga atau masyarakat terhadap berbagai macam penyakit.
  • Sebagai sarana upaya untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan keluarga atau masyarakat.
  • Sebagai upaya untuk penyembuhan penyakit yang menghinggapi keluarga maupun masyarakat.

Jenis Tanaman Obat Yang Ada Pada Taman Obat Keluarga

Namanya saja taman obat, maka taman ini tentu saja berisi dengan berbagai jenis tanam-tanaman obat yang memiliki berbagai macam khasiat dari setiap tanaman-tanaman yang ada pada taman obat keluarga. Jenis-jenis tanaman yang ada pada taman ini antara lain, brotowali, kunyit, jamblang, jahe, daun dadap, bunga kenop, pala, bangle, daun dewa, kumis kucing, daun sereh, daun sirih, blimbing wuluh, dan lain sebagainya. Pemanfaatan dari tanaman-tanaman obat ini tentu bisa diolah dari berbagai macam cara, antara lain pemanfaatan daunnya, pemanfaatan biji-bijiannya, pemanfaatan akarnya, pemanfaatan batang dan buah sampai kepada pemanfaatan umbu atau rimpang yang ada pada tanaman obat-obatan herbal tradisional tersebut. 

Tips Dan Cara Merawat Tanaman Taman Obat Keluarga

Setelah kita mengetahui cara membuat, fungsi dan macam-macam jenis tanaman yang ada pada taman obat keluarga, maka kita perlu juga mengetahui bagaimana cara merawat tanaman-tanaman obat yang ada pada taman obat herbal keluarga tersebut. Biasanya kita malas untuk melakukan perawatan secara berkala, kita hanya semangat diawalnya saja ketika akan mewujudkan tamannya saja tapi malas melakukan perawatannya, hehehehe... ngaku hayyo..?

Tanaman-tanaman obat yang kita tanam ini sebenarnya tidak membutuhkan perawatan yang sangat serius, perawatan pada tanaman obat ini tentu akan berbeda cara ketika kita melakukan perawatan pada tanaman obat-obat yang memang kita khususkan untuk dibudidayakan dan hasilnya akan dijual ke pasaran, ya tentu saja dari tujuan itu tadi kita harus melakukan perawatan secara serius. Tapi perlu diingat bahwa kita seharusnya tahu bahwa kita juga mengambil manfaat dari mereka (tanaman) untuk dijadikan obat maka sudah sewajarnya kita pun dengan sepenuh hati memberikan perawatan yang baik setiap harinya kepada mereka, cukup hanya menyiram dan memberikan pupuk kompos pada setiap tanaman yang ada kita rasa sudah cukup kok, mungkin akan lebih baik ketika kita juga mencabuti tumbuhan gulma yang mungkin akan menghambat proses pertumbuhan dari tanaman obat yang kita tanam.

Dari penjelasan singkat mengenai taman obat keluarga ini, semoga bisa menjadi referensi untuk kita agar kita bisa mempersiapkan dengan baik ketika kita akan membuat taman obat keluarga. Dari penjelasan singkat ini pun kita sudah tahu manfaat taman obat keluarga, mengenal cara membuat, jenis tanamannya, sampai kepada cara merawat tanaman taman obat keluarga. Semoga keluarga kita selalu sehat. Ammmiiinn.

No comments