-->

MANFAAT KUNYIT SEBAGAI OBAT DEMAM PADA ANAK

Manfaat Kunyit Sebagai Obat Demam Pada Anak - Pernahkah kita berfikir bahwa ekstraks air dari perasan parutan kunyit yang dicampur dengan madu ternyata bisa dijadikan obat alternatif yang bisa digunakan sebagai obat penurun panas demam alami ketika anak kita sakit...? Dan pernahkah kita mengetahui manfaat yang besar yang terkadung dalam kunyit sebagai penunjang kesehatan anak...? Kalau belum tahu, simak ya ulasan tentang manfaat kunyit sebagai obat demam ketika anak sakit dan ulasan bagaimana caranya mengolah kunyit agar bisa dijadikan obat herbal yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit ini. 

Kondisi perubahan cuaca yang tidak menentu tentu akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita, baik itu pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Kondisi cuaca yang tidak menentu ini tentu menuntut kita agar selalu menjaga stamina kekuatan badan kita, begitupun dengan anak, tentu anak yang sehat adalah anak yang penuh dengan keceriaan dan kegembiraan disetiap harinya. Tapi tahukah sebenarnya kita manfaat kunyit untuk kesehatan anak kita...? 

khasiat kunyit sebagai obat herbal penurun panas

Sebenernya untuk orang dewasa persiapan untuk menghadapi situasi itu pun cukup mudah, istirahat cukup dan menjaga pola makan yang baik, bisa juga dengan mengkonsumsi kunyit sebagai jamu ditambah madu,  ini berfungsi sebagai suplemen stamina agar staminanya terjaga dengan baik dan tidak mudah terserang demam. Tetapi pada kenyataannya kunyit bisa juga digunakan untuk penurun demam ketika anak terserang sakit demam. Untuk anak-anak dalam menghadapi kondisi perubahan cuaca yang tidak menentu itu mereka tentu belumlah tau dan pasti belum memikirkan hal-hal seperti itu.
Hehehe...

Namanya juga anak kecil ya, belum punya nalar apapun dan belum punya pengetahuan apa-apa soal cara mengurus dirinya sendiri, apa lagi harus memikirkan perubahan cuaca dan persiapan menghadapinya.... hehehe... So, sang ibulah yang harus dengan sabar mempersiapkan itu semua, sederhana saja, istirahat yang cukup, makan makanan sehat, dan minum air putih yang cukup.

Dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah inilah maka kesehatan anak pun akan mudah menurun jika kondisi badannya tidak baik dan bagus. Kondisi dari panas ke hujan dan hujan ke panas ini biasanya sangat menguji stamina ketahanan tubuh sang anak, jangankan anak-anak, orang dewasa saja ketika staminanya tidak bagus pasti daya tahan tubuhnya akan menurun dan akan sakit. Sakit yang umum dan sering kali terjadi menyerang anak-anak yaitu panas, pilek, dan batuk. Tapi tenang untuk para ibu selama ibu memantau panas tubuh sang anak dan cermat merawat sang anak ibu tidak perlu khawatir dengan keadaan sang anak, intinya teruslah dipantau dan diperhatikan kondisi kesehatan sang anak.

manfaat madu untuk penurun panas pada anak



Jangan Khawatir Berlebihan Ketika Anak Demam

Dalam kondisi sang anak sakit demam pastilah seorang ibu akan dihinggapi rasa khawatir yang besar, pastilah tidak tega melihat kondisi buah hati yang sakit demam tersebut. Tidak bisa melakukan aktifitas apa-apa, aktifitas yang seperti biasanya yang selalu dilakukan sang buah hati, keceriaan seperti biasanya hilang ketika sang anak mengalami sakit demam.

Biasanya ketika dalam kondisi kekhawatiran yang tinggi akan kondisi anak yang demam maka sang ibu langsung memikirkan cara penanganan agar sang anak bisa turun panasnya dan sang anak bisa ceria kembali. Ya, bawa saja sang anak langsung ke dokter, pasti akan sembuh dengan cepat...? bukan begitu ya...? hehehe...

Tapi sebenarnya ibu sendiri pun harus tenang agar ibu bisa mempersiapkan langkah-langkah cara memberikan pertolongan pertama pada saat anak terserang demam. Ya, ibu bisa memberikan beberapa langkah penanganan pertama ketika anak sakit, seperti misalnya memberikan obat penurun panas dan memberikan obat tradisonal yang ada didapur...? lho kok obat tradisional yang ada didapur...? hehehe...

Ibu, pasti tau kan dengan kunyit....? rempah jenis ini tentu saja sering dipakai oleh ibu ketika memasak...? Tau kah ibu manfaat kunyit untuk kesehatan anak.. salah satunya sebagai pereda panas demam untuk anak ketika anak terserang demam...?


Cara Membuat Obat Penurun Panas Dari Kunyit

Ketika anak kita terserang demam, sebenarnya kita sebagai ibu pun tidak perlu khawatir yang sangat berlebihan. Pada dasarnya anak balita pada rentang umur 1 sampai dengan 5 tahun sudah bisa menerima pasokan makanan dari luar tubuhnya begitupun dengan kemampuan anak-anak untuk bisa menerima asupan obat-obatan ketika si anak sakit. Tetapi memang dalam kondisi begitu sebagai seorang ibu, tentu harus sabar menghadapi sang anak yang sakit, minum obat pun harus dipandu, disediakan, dilayani dengan baik, belum lagi sang ibu akan menghadapi susahnya anak ketika menolak sama sekali untuk minum obat.

manfaat kunyit untuk obat penurun panas pada anak

Kita harus cerdas, jeli dan bijak tentunya sebagai orang tua, sabar ketika melihat kondisi anak yang lagi benar-benar menguji kesabaran kita. Cobalah untuk mengalihkan perhatian si anak terlebih dahulu, bujuk dengan baik si anak agar mau makan, minum cukup sampai kepada si anak mau minum obat. Selain ibu bisa memberikan obat penurun panas seperti paracetamol, sang ibu pun bisa memberikan kunyit sebagai obat herbal alternatif pada anak agar si anak bisa turun panasnya
dengan cepat.

Kunyit yang mungkin oleh ibu hanya dianggap senagai bumbu dapur saja selama ini ternyata menyimpan kandungan yang cukup baik sebagai obat penurun panas pada anak tentunya. Kita bisa lihat manfaat kunyit untuk kesehatan anak. Kunyit yang bernama latin Curcuma Domestica Val ini mempunyai kandungan senyawa kimia diantara adalah minyak astiri, turmeron, curcumin dan zingiberen. Senyawa kimia yang terdapat pada kunyit berfungsi sebagai antinflamasi, anti oksidan dan juga anti bakteri dimana zat-zat ini dapat menurunkan panas demam pada anak-anak kita.

Lantas bagaimana caranya mengolah kunyit tersebut, begini caranya:
  • Ambil kunyit yang biasa disediakan didapur untuk memasak, ambil secukupnya saja, kira-kira sebesar kurang lebih satu ruas ibu jari.
  • Cuci sampai bersih dan kupas kulitnya.
  • Parut kunyit yang sudah dikupas tadi saring, kita hanya memerlukan sari patinya saja
  • Sari pati kunyit tadi dicampurkan dengan air minum kira-kira setengah gelas saja, atau bisa juga sari pati itu langsung diminumkan kepada sang anak, dicampurkan kedalam air hanya sebagai cara praktis agar anak tidak terlalu rewel saja. 
  • Tambahkan dengan madu, jika si anak merasa pahit, karena kunyit bisa diberikan lebih dari satu kali, barangkali selanjutnya si anak tidak mau. 
  • Minumkan kunyit kepada anak segera.
Dari penjelasan singkat ini mudah-mudahan ibu bisa menjadikan mengerti manfaat dari perasan air kunyit yang diambil ekstrak air kunyit sebagai pilihan alternatif untuk pertolongan pertama ketika anak terserang sakit demam. Bukan hanya untuk anak-anak saja, kunyit pun bisa dikonsumsi untuk orang dewasa, obat herbal ini, kunyit tidak ada efek samping sama sekali jia kita mengkonsumsinya dengan benar, mungkin akan berbeda dengan obat kimia, dalam waktu penggunaannya yang cukup lama bisa saja efek sampingnya bisa dirasakan diwaktu yang akan datang. So, sekarang ibu tidak perlu khawatir lagi. Selama anak menderita sakit demam ibu jangan khawatir yang berlebihan, tetap pantau dan usahakan agar anak selalu mau untuk makan minum yang cukup dan istirahat yang cukup.

3 comments

Wow keren bgt min.. Thx infonya ya min

Boleh di coba ini....

Anak sy klo mlm sering rewel. Trz sy bwa ke tkang pijat, perutx sering kembung. Tukang pijit menyarankn pd sy utk membuat ramuan dr kunyit di campur madu n kuning telur(ayam kmpung). Amankah utk anak sy yg usiax 15bln?