-->

INILAH JENIS OBAT-OBATAN HERBAL YANG ADA DIDAPUR ANDA

Inilah Jenis Obat-obatan Herbal Yang Tersedia Didapur Anda Sendiri - Kita tahu bahwa Indonesia dikenal dengan warisan obat-obatan tradisional yang dari dulu hingga sekarang sudah secara turun temurun diwariskan kepada kita. Tahukah sesungguhnya para ibu bahwa rempah-rempah yang biasa mereka gunakan untuk memasak makanan sesungguhnya adalah rempah-rempah yang memang bisa digunakan untuk mengobati anggota keluarganya ketika mereka menderita sakit ringan....? hehehehe... Atau jangan-jangan para ibu beserta para anggota keluarga yang lainnya belum banyak yang mengetahui jenis obat-obatan herbal yang tersedia didapur rumah kalian. Untuk itu mari kita kenali beberapa rempah-rempah yang tersedia didapur rumah kalian yang bisa kita gunakan dan kita pakai untuk obat-obatan herbal.

jenis obat-obatan herbal yang ada didapur anda

Memang, sejak berkembangnya ilmu kedokteran modern secara perlahan tradisi meracik dan membuat obat-obatan herbal pun semakin jarang digunakan, mungkin ini disebabkan oleh penggunaan obat-obatan modern yang lebih praktis tanpa harus repot-repot meracik dan membuatnya. Maka tak lagi mengherankan, jika para ibu dan seluruh anggota keluarganya lebih banyak menggunakan obat-obatan modern ketimbang menggunakan obat-obatan tradisional maupun obat-obatan herbal ketika para anggota keluarganya dilanda sakit ringan.


Merubah Pola Pikir Terhadap Obat Herbal

Bisa jadi penggunaan obat modern ketimbang penggunaan obat-obatan tradisonal disebabkan karena ketidak tahuan para ibu dan anggota keluarga akan jenis obat-obatan herbal yang ada didapur yang sebenarnya bisa digunakan untuk pertolongan pertama ketika anggota keluarganya mengalami sakit ringan. Persoalan kedua yaitu lebih baik langsung kedokter, sehingga bisa langsung bisa ditangani dan dikasih obat sehingga kita bisa langsung sembuh dari sakit yang diderita, padahal sakit yang kita alami adalah sakit yang sebenarnya cukup ringan dan bisa disembuhkan tanpa harus kita pergi kedokter sekalipun. Ya, obat herbal yang ada didapur rumah anda sendiri tentunya. Bumbu-bumbu yang biasa digunakan oleh ibu bisa juga digunakan untuk mengatasi sakit ringan seperti flu, batuk, panas dingin, perut mual dan kembung. 

Kita ambil contoh ketika kita sakit pilek, batuk, flu atau masuk angin. Pilek merupakan infeksi virus yang tergolong cukup ringan, sebenarnya tidak perlu obat antibiotik untuk bisa mengatasi sakit pilek, flu, batuk maupun masuk angin. Dengan beristirahat cukup, minum air putih yang cukup, makanan berserat tinggi pun badan kita secara alamiah akan kembali normal, tentunya ini disebabkan oleh imun bawaan yang ada didalam tubuh kita sendiri. Secara gratis Tuhan sudah menyiapkannya untuk kita.

manfaat dan khasiat obat herbal bawang merah

Inilah 3 Obat Herbal Yang Tersedia Didapur Anda

Sengaja disini hanya menampilkan tiga jenis contoh dari bumbu dapur rumah anda yang ternyata dikenal sebagai obat-obatan herbal, mari kita kenali satu persatu potensinya:

1. Jahe
Siapa para ibu yang tidak tahu jahe...? hehehehe... Sekalipun mungkin para ibu yang tidak pernah memasak, mungkin pasti tahu jahe itu seperti apa bentuknya dan wujudnya. Jahe, yang mempunyai nama latin  Zingiber officinale ini dipercaya mempunyai berbagai macam-macam khasiat, diantara untuk mengobati masuk angin, perut kembung, perut mual dan bisa untuk mengobati gangguan pencernaan.

Senyawa Phenol yang terdapat pada jahe terbukti berkhasiat terhadap efek anti radang, zingilberene dan shagol, adalah senyawa yang dikenal sebagai anti oksidan. Jahe pun memilik senyawa minyak atsiri yang berkhasiat untuk mereduksi nyeri serta pembasmi bakteri yang baik bagi tubuh.

2. Kunyit
Sama seperti jahe, kunyit pun masuk kedalam kategori tanaman jenis rimpang. Kunyit yang bernama latin Curcuma Domestica Val adalah jenis tanaman yang biasa digunakan untuk mengobati obat sakit perut, melancarkan haid, untuk pengobatan kencing manis. Kandungan senyawa kimia yang ada pada kunyit antara lain, kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, Vitamin C. Kunyit ini pun bisa diolah menjadi minuman tradisional herbal berupa minuman kunyit asem, minuman tradisional herbal alami yang sangat bermanfaat untuk tubuh, pun kunyit bisa digunakan sebagai masker untuk perawatan kecantikan kulit wajah agar terlihat alami.

manfaat dan khasiat obat herbal dari kunyit

3. Bawang Merah
Seperti biasa dalam setiap makanan yang akan diamsak oleh ibu, bumbu rempah yang satu ini tidak pernah absen untuk selalu diikutkan dalam daftar racikan bumbu masakan makanan yang akan dibuat. Tapi manfaat lain dari bawang merah adalah sebagai obat tradisional untuk sakit demam pada anak, perut kembung, masuk angin, radang usus. Kandungan yang terdapat pada bawang merah antara lain vitamin c, kalium, serat, asam folat.

Mungkin dari sekelumit penjelasan jenis obat-obatan herbal yang ada didapur anda ini  diatas terlihat sekali sangat singkat, atau bahkan terlihat sangat kurang lengkap. hehehehe... sabar, nanti diartikel lainnya akan kita bahas beberapa bumbu-bumbu dapur yang lainnya yang ternyata juga masuk sebagai obat-obatan herbal yang bisa digunakan sebagai obat herbal tradisonal, dan ternyata selama ini didapur kita tersimpan obat-obatan tradisonal yang mempunyai khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Sudah tahu beberapa mengenai bumbu-bumbu dapur yang ternyata memang berkhasiat untuk bisa menyembuh sakit yang kita derita...? kalau sudah, tentu kita ucapkan alhamdulillah... semoga bermanfaat untuk kita semua. 

No comments