-->

BEBERAPA MANFAAT JAHE MERAH UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat Jahe Merah Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh - Beberapa tahun belakangan ini jahe merah yang bernama latin Z. Officinale Var Rubrum menjadi sangat booming ketika banyak orang sudah mengetahui manfaat dan khasiat jahe merah sebagai obat herbal alami untuk dijadikan sumber alternatif obat tradisional yang berfungsi sebagai penunjang untuk kesehatan tubuh. Jahe merah ini merupakan salah satu dari beberapa jenis jahe yang sudah ada, seperti jahe gajah, jahe putih dan juga jahe kuning, akan tetapi jenis jahe kuninglah yang terlebih dulu dikenal oleh kita untuk digunakan khasiat dan manfaatnya sebagai obat herbal alami tradisional maupun sebagai rempah bumbu dapur yang berfungsi sebagai penyegar dan penguat aroma pada berbagai macam olahan makan dan minuman.

manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan-tubuh

Kini jahe merah pun menjadi primadona baru yang bisa dijadikan sebagai obat herbal alami yang berkhasiat sebagai penunjang kesehatan tubuh manusia. Berbagai macam-macam olahan obat herbal tradisional alami yang berbahan dasar jahe merah pun kini sudah banyak dibuat dengan mengambil ekstraknya dengan tidak menghilangkan khasiat dan manfaat dari jahe merah itu sendiri.

Kita bisa ambil contoh pemanfaatan jahe merah dibeberapa negara asia seperti jepang dan cina yang memanfaatkan khasiat jahe merah untuk dijadikan serbuk yang dikombinasikan dengan daun teh dan dijadikan teh celup sehingga rasa yang dihasilkan pun menjadi lebih enak untuk dikonsumsi. Teh celup jahe merah ini bisa dijadikan minuman hangat maupun dingin yang bermanfaat untuk menjaga stamina daya tahan tubuh. Teh celup jahe merah ini sangat cocok diminum hangat setelah kita melakukan berbagai macam kegiatan dan aktivitas seharian penuh yang menguras banyak energi. Jahe merah pun dipercaya bisa mengembalikan energi kita sehingga tubuh kembali menjadi segar dan bugar. Ekstrak serbuk jahe merah yang dijadikan teh celup ini sangat cocok diolah menjadi minuman hangat maupun dingin, tentu saja ini sesuai dengan selera kita untuk mengkonsumsinya. 


manfaat tanaman jahe merah untuk kesehatan tubuh

Pemanfaat Jahe Merah Sebagai Obat Alami

Kandungan zat alamiah yang terdapat pada jahe merah secara umum yang dihasilkan berdasarkan hasil penelitian adalah adanya Khasiat dan manfaat yang ternyata bisa dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan obat herbal alami tradisional yang berfungsi sebagai penyembuh untuk berbagai macam-macam jenis penyakit, jenis penyakit yang bisa diterapi dengan mengkonsumsi jahe merah itu sendiri antara lain:
  • Jahe merah sebagai obat rematik
  • Jahe merah sebagai obat asma
  • Jahe merah sebagai obat stroke
  • Jahe merah sebagai obat sakit  gigi
  • Jahe merah sebagai obat diabetes
  • Jahe merah sebagai obat sakit  otot
  • Jahe merah sebagai obat tenggorokan 
  • Jahe merah sebagai obat kram hipertensi mual, demam  dan  infeksi.   
Kadungan-kandungan zat yang terdapat pada rimpang jahe merah selain digunakan untuk mengobati ternyata juga terbukti sangat efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Jahe Merah

Kandungan kimia yang terdapat pada jahe merah ini antara lain gingerol, shogaol, gingediol, gingediasetat, gingerdion, gingerenon, dan kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe merah antara lain, minyak esensial, abu, protein, zat pati, lemak, fosfolipid, sterol, serat, oleoresin, vitamin, glukosa tereduksi, air dan mineral. Sementara kandungan vitamin yang terdapat pada jahe merah antara lain, tiamin, riboflavin, niasin, piridoksin, vitamin C, A, B.   

Sifat jahe merah disebabkan oleh minyak atsiri dan oleoresin. Aroma pada jahe disebabkan oleh adanya kandungan minyak atsiri yang terdiri dari zingiberen dan zingiberol sementara kandungan oleoresin inilah yang menyebabkan jahe merah mempunyai rasa pedas.

Minyak jahe yang mengandung gingerol yang berbau harum khas jahe ini ternyata berkhasiat dan mengobati mual dan muntah. Rasa tajam pada jahe dapat merangsang nafsu makan, memperkuat otot usus, membantu mengeluarkan gas usu serta membantu fungsi jantung. Jahe pun dapat digunakan untuk meningkatkan pembersihan tubuh melalui keringat. 

Sekarang kita sudah tahu bahwa jahe ternyata ada beberapa jenis, dari kesemua jenis jahe yang ada ternyata semuanya sama-sama mempunyai manfaat dan khasiat yang hampir serupa dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, pun termasuk jahe merah. Penggunaan jahe pun kini sudah banyak dimodifikasi supaya orang menjadi lebih suka mengkonsumsi jahe. Jahe merah yang dulu belum banyak dikenal oleh masyarakat kini menjadi primadona baru alternatif obat herbal alami.

Jahe merah pun kini banyak dibuat ekstraknya untuk dijadiakan obat alami herbal tradisional yang mampu mengobati berbagai macam-macam penyakit. Ya, mereka kini menyakini bahwa kandungan-kandungan nutrisi yang dari jahe merah mampu juga untuk pengobatan, mencegah dan menjaga agar tubuh tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

1 comment

Artikel yang bermanfaat. Klik ini