-->

MENGENAL MANFAAT BAWANG MERAH UNTUK KESEHATAN

manfaat-bawang-merah-untuk-kecantikan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Untuk Bahan Perawatan Kecantikan - Semua orang, pastinya tahu akan jenis bumbu dapur yang satu ini. Bawang merah...!! Ya, bawang merah memang dikenal sebagai bahan bumbu masakan utama yang pasti selalu tersedia didapur anda. Tetapi bawang merah pun dikenal sebagai bahan obat herbal yang mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh yang mempunyai efek sebagai pencegah dan penyembuh terhadap berbagai macam penyakit. Bawang merah bisa dimanfaatkan untuk obat kesehatan herbal yang berfungsi mengontrol tekanan darah, menyembuhkan sembelit, menurunkan kolesterol, meredakan flu, meredakan sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi dari manfaat dan keuntungan kita mengkonsumsi bawang merah yang dijadikan sebagai bahan obat herbal.

Keunggulan bawang merah pun bukan hanya sebagai obat herbal tradisional saja. Kegunaan dan kebaikan bawang merah pun bisa dimanfaat sebagai bahan herbal yang berfungsi sebagai bahan-bahan herbal untuk digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan, seperti kegunaan bawang merah untuk mengobati rambut yang rontok, menumbuhkan rambut, mengobati infeksi pada kulit kepala dan bawang merah pun mampu digunakan untuk mengobati ketombe yang timbul pada kulit kepala.


Mengenal Karakteristik Bawang Merah

Bawang merah yang bernama latin Allium cepa var ascalonicum L ini mempunyai aroma yang khas seperti halnya bumbu-bumbu dapur yang lainnya yang selalu tersedia didapur rumah kita. Dalam kadungan bawang merah (100gram) kita bisa melihat penjabaran mengenai kandungan analisi gizinya, antara lain air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, betakaroten, tiamin (Vit. B1), riboflavin (Vit. B2), niasin, asam askorbat, kalium, zat besi, fosfor, fruktosa, gula mereduksi, sakharosa.

Dari uraian gizi yang ada tadi maka kita bisa mengetahui ternyata bawang merah memang kaya akan nutrisi dan kandungan gizi. Bawang merah biasanya dipadukan dengan bahan-bahan alami lainnya sebagai bagian dari ramuan atau racikan obat herbal.

Seperti bawang merah untuk digunakan sebagai obat pereda masuk angin misalnya, bawang merah sebanyak 8 butir yang dikupas dan ditumbuk halus, diramas dengan air kapur sirih seperlunya untuk menggosok tulang punggung, tengkuk, perut dan kaki,  (1-2 x sehari masing-masing sebanyak yang diperlukan) maka dipercaya sangat berguna untuk tubuh kita agar bisa sembuh dari sakit masuk angin.


manfaat-mengkonsumsi-bawang-merah-untuk-kesehatan

Kegunaan dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Sementara dalam manfaat, kegunaan serta khasiat bawang merah untuk kesehatan tubuh dan sebagai obat herbal, sangat berguna untuk menyembuhkan dan mengobati berbagai macam penyakit antara lain:

- Bawang merah untuk mengontrol tekanan darah
Sama halnya seperti bawang putih, bawang merah yang dikonsumsi tanpa dimasak atau diolah menjadi jus, diyakini dapat menstabilkan tingkat tekanan darah. Bawang merah mengandung quercetin (suatu flavonol antioksidan) yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan produksi darah dan juga mengurangi kemungkinan stroke jantung. Membubuhkan bawang merah ke dalam menu salad atau diblender menjadi jus juga bisa membuang racun dari dalam tubuh sekaligus mampu mengontrol masalah hipertensi anda.

- Bawang merah untuk mengobati dan menyembuhkan sembelit
Serat yang tinggi yang terdapat dalam kandungan bawang mentah membantu keluarnya toksin ataupun partikel makanan yang sulit dicerna oleh usus kita. Jika kita mengalami susah buang air besar atau sembelit maka kita bisa untuk konsumsi bawang mentah.

- Bawang merah untuk menurunkan kolesterol
Bawang merah juga bisa digunanakan untuk menjaga kolesterol yang menyumbat pembuluh darah serta dapat membantu dan melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan Hong Kong menjelaskan bawang merah yang telah dihancurkan pada hamster yang mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

- Bawang Merah untuk meredakan sakit tenggorokan
Bawang merah juga dikenal sebagai obat ayurveda saat mengalami batuk dan sakit tenggorokan. Haluskan bawang, seperti membuat jus lalu tambahkan sedikit jahe dan madu.

- Bawang merah untuk menurunkan risiko diabetes
Ini juga jadi salah satu manfaat dari bawang mentah. Jika penderita diabetes mengkonsumsi bawang mentah itu sama saja meningkatkan produksi insulin. Untuk para penderita diabetes, seperti dilansir dari Bold Sky, dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang mentah secara rutin.

- Bawang merah mengurangi risiko gangguan hati
Mengkonsumsi bawang mentah secara rutin dapat melindungi hati  kita dari serangan penyakit penyakit koroner. Bawang merah juga dapat mengendalikan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.

- Bawang merah mencegah pertumbuhan sel kanker
Kandungan sulfur pada bawang yang tinggi dapat melindungi tubuh kita dari pembesaran usus. Ini juga termasuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, paru paru dan kanker prostat. Bawang juga dipercaya dapat menyembuhkan gangguan saluran kemih.

- Bawang merah mengatasi wasir
Menurut penelitian, bawang merah mentah dapat menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa nyeri pada dubur akibat wasir atau ambeien. Dengan mengkonsumsi tiga kali sehari, rasa nyeri dan perdarahan pada anus akan hilang.

- Bawang merah untuk perawatan rambut
Dari segi kesehatan, manfaat bawang merah mungkin masih kalah dibanding bawang putih. Tapi dari segi kecantikan terutama perawatan rambut bawang merah jelas lebih unggul. Berikut ini beberapa manfaat bawang merah untuk rambut.

- Bawang merah mampu mengobati rambut rontok
Ini adalah salah satu khasiat dari bawang merah. Bawang kaya akan sulfur, yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut. Siapkan ramuan dengan cara membuat jus bawang merah terlebih dahulu. Pijatlah kulit kepala dengan hot coconut oil selama 30 menit, sebelum mengoleskan jus bawang untuk membuka pori-pori kulit kepala. Lalu, tutup rambut Anda dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut.

Itulah sekelumit manfat, khasiat dan kegunaan dari bawang merah. Seperti kita ketahui bahwa bawang merah bukan hanya sebagai bumbu dapur yang berfungsi sebagai pelengkap bumbu untuk meracik masakan agar bertambah nikmat dan enak saja, tetapi bawang merah sejak dari dulu hingga sekarang ternyata bisa dijadikan sebagai bahan obat herbal untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Pun bukan hanya sebagai obat saja bawang merah pun ternyata mampu dijadikan sebagai bahan-bahan alami tradisional dibidang perawatan kecantikan tubuh untuk wanita.

No comments